Metabolisme karbohidrat

Seperti halnya karbohidrat, lemak merupakan substrat penting dalam proses respirasi.

Pengertian dan Fungsi Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein Enzim

Sebagian besar pati merupakan amilopektin. D-ribosa digunakan dalam pembentukan RNA Karena merupakan penyusun kerangka RNA maka ribosa penting artinya bagi genetika bukan merupakan sumber energi. Peran DNA dan RNA dalam Sintesa Protein Sama seperti proses lainnya dalam respirasi seluler, molekul yang melalui jalur fosfat pentosa ini kebanyakan terbuat dari karbon.

makalah metabolisme karbohidrat

Enzim ini melakukan hidrolisa semua trigliserida hanya dalam waktu beberapa menit. Selanjutnya glukosa mengalami glikolisis, diikuti dengan oksidasi piruvat sampai dengan siklus asam sitrat. HDL bertugas membuang kelebihan kolesterol dari dalam tubuh.

Berikut ini adalah hasil akhir metabolisme karbohidrat nutrien tersebut: Setelah sampai di wilayah mitokondria, piruvat mengalami proses dekarboksilasi dan diolah menjadi senyawa asetil KoA.

Sedangkan asam amino seperti fenilalanin, tirosin, leusin, isoleusin dan lisin diubah menjadi asetil ko A untuk selanjutnya mengikuti jalur respirasi. Jalur ini dinamakan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru karena dianggap lipid dan protein harus diubah menjadi glukosa baru yang selanjutnya mengalami katabolisme untuk memperoleh energi.

Dekarboksilasi oksidatif ini terjadi di dalam mitokondria sebelum masuk ke tahapan siklus Krebs. Pelarutan solubilisasi hasil lipolisis di dalam garam empedu. Titik pusat reaksitifitas senyawa aldehid dan keton adalah ikatan pi dari gugus karbonilnya.

Adapun satu molekul glukosa akan menghasilkan 38 ATP. Dalam hal ini terdapat aturan yaitu: Oligosakarida terdiri atas unit gula 4. Lintasan metabolisme dapat digolongkan menjadi 3 kategori: Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari metabolisme karbohidrat asam amino dan sebagian dari gliserol lemak.

Reaksi ini disertai kehilangan energi bebas dalam jumlah besar sebagai panas dan secara fisiologis adalah irreversible.

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

Dekarboksilasi oksidatif ini terjadi di dalam mitokondria sebelum masuk ke tahapan siklus Krebs. Pembentukan trigliserida dalam hati akan meningkat apabila makanan sehari-hari mengandung karbohidrat yang berlebihan.

Contoh dari Disakarida adalah laktosa gabungan antara glukosa dan galaktosa ,sukrosa gabungan antara glukosa dan fruktosa dan maltosa gabungan antara dua glukosa 3.

Lemak disintesis dari karbohidrat atau protein melalui asetil koenzim A dan gliserol yang berasal dari fosfogliseraldehid PGALdi mana PGAL merupakan senyawa antara dalam tahap glikolisis dan daur krebs. Metabolisme karbohidrat Semua jenis karbohidrat diserap dalam bentuk monosakarida, proses penyerapan ini terjadi di usus halus.

Kemudian trigliserid dalam kilomikron tadi mengalami penguraian oleh enzim lipoprotein lipase, sehingga terbentuk asam lemak bebas dan kilomikron remnan. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energy Tika, Untuk memutuskan ikatan glukosa satu demi satu dari glikogen diperlukan enzim fosforilase.

Jurnal Doc : metabolisme karbohidrat

Kata glukosa diambil dari bahasa Yunani yaitu glukus yang berarti manis, karena memang nyata bahwa glukosa mempunyai rasa manis. Proses di atas terjadi jika kita membutuhkan energi untuk aktifitas, misalnya berpikir, mencerna makanan, bekerja dan sebagainya.

Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek. Proses ini dinamakan ketogenesis.

Senyawa 2,3-bifosfogliserat difosfogliserat, DPG merupakan intermediate dalam reaksi ini. Siklus asam sitrat sebagai lintasan amfibolik dalam metabolisme perhatikan jalur persimpangan jalur katabolisme dan anabolisme dipetik dari: Aldosa berupa aldehid Klasifikasi karbohidrat menurut lokasi gugus karbonil Berdasarkan jumlah atom C pada rantai, monosakarida digolongkan menjadi: Faktor lain yang juga mempengaruhi penumpukan lemak tersebut adalah stress.

Glikogenolisis seakan-akan kebalikan dari glikogenesis, akan tetapi sebenarnya tidak demikian.

Proses Metabolisme Karbohidrat (Gikogenesis, Glikolisis, dan Daur Krebs)

Kebutuhan tubuh akan enersi merupakan prioritas pertama; bila karbohidrat yang di konsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan enersi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil enersi.

Kedua jenis lemak tersebut dapat dikurangi dengan cara yang berbeda. Memisahkan dari Metabolisme karbohidrat 1, 6-difosfat Pada langkah keempat, enzim adolase melahirkan satu pemisahan Fruktosa 1, 6-difosfat menjadi dua molekul gula yang berbeda yang keduanya isomer satu sama lain.

Glikolisis, adalah proses penguraian karbohidrat menjadi piruvat. Glikolisis berlangsung melalui oksidasi Gliseraldehid 3-fosfat menjadi 1,3-bifosfogliserat, dan karena aktivitas enzim fosfotriosa isomerase, senyawa dihidroksi aseton fosfat juga dioksidasi menjadi 1,3-bifosfogliserat melewati gliseraldehid 3-fosfat.

Lintasan katabolik pemecahan Lintasan ini meliputi berbagai proses oksidasi yang melepaskan energi bebas, biasanya dalam bentuk fosfat energi tinggi atau unsur ekuivalen pereduksi, seperti rantai respirasi dan fosforilasi oksidatif.

Berdasarkan pengertian di atas berarti diketahui bahwa karbohidrat terdiri atas atom C, H dan O.METABOLISME KARBOHIDRAT TUGAS MAKALAH FEBRINA SANTA THERESIA SIREGAR UNIVERSITAS NEGERI MEDAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN KIMIA MEDAN ABSTRAK Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi didalam mahluk hidup.

· Proses metabolisme karbohidrat, yaitu: Bila jumlah glukosa yang dikonsumsi melebihi keperluan tubuh, sebagian glukosa ditimbun di hati dan otot sebagai glikogen. Hal ini disebabkan kapasitas pembentukan glikogen terbatas dan pola penimbunan glikogen telah mencapai batasnya.

Kelebihan glukosa akan diubah menjadi lemak dan ditimbun di dalam. Metabolisme karbohidrat. Pada bagian-bagian terdahulu Anda telah mempelajari berbagai macam karbohidrat, antara lain monosakarida, disakarida, oligosakarida serta polisakarida.

Karbohidrat siap dikatabolisir menjadi energi jika berbentuk monosakarida. Energi yang dihasilkan berupa Adenosin trifosfat (ATP). Glukosa merupakan karbohidrat terpenting.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

metabolisme karbohidrat disusun oleh laurallongley.comad hanafi, laurallongley.com fakultas kedokteran unair dipakai untuk akper, akbid, fkm, dan farmasi 1/30/ 4/13/ · Pada umumnya, semua karbohidrat mempunyai rumus umum C n H 2n O n, seperti contohnya, rumus molekul glukosa yaitu C 6 H 12 O 6.

Monosakarida-monosakarida (gula sederhana) bisa terikat bersama untuk membentuk disakarida seperti sukrosa dan polisakarida seperti pati dan selulosa. Macam-Macam Metabolisme Karbohidrat. Metabolisme Karbohidrat Siklus cori Glikogen hati Glukosa darah Glikogen otot Asam laktat Dalam keadaan normal konsentrasi glukosa darah manusia berkisar antara 80 – A free PowerPoint PPT presentation (displayed as a Flash slide show) on laurallongley.com - id: 4f0cMmJjM.

Metabolisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 50 review