Astawan 2005 logam berat bila masuk ke dalam tubuh

Untuk melindungi konsumen, beberapa negara telah menetapkan batas aman cemaran logam berat pada makanan, seperti dapat dilihat pada Tabel 2. Pengusaha seringkali melanggar ketentuan pemerintah dengan alasan menghemat pengeluaran atau biaya yang dikeluarkan untuk mengolah limbah agar sesuai dengan baku mutu lingkungan.

Selama ini penanganan bahan kimia beracun dalam tanah masih memanfaakan proses berteknologi rendah. Diakses tanggal 27 September Di India, tanaman yang telah dimodifikasi secara genetis terbuki mampu menyerap kelebihan unsur logam berat Selenium Se dari tanah.

Timbal menunjukkan beracun pada sistem saraf, hemetologic, hemetotoxic dan mempengaruhi kerja ginjal. Logam berat dari lahan dan air tercemar akhirnya menempel pada sayuran dan selanjutnya kita konsumsi. Logam Berat dalam Sistem Biologi. Gejala keracunan arsen secara akut pada saluran pencernaan berupa adanya rasa terbakar di tenggorokan, sukar menelan, mual, muntah, diare serta rasa nyeri yang sangat pada perut.

Munarso, J. Mukono dan Corie I. Tubuh dapat menyerap logam berat melalui permukaan kulit dan mukosa, saluran pencernaan dan saluran nafas. Diakses tanggal 12 Juni Pada kadar ini tidak terjadi akumulasi pada tubuh manusia normal.

Di daerah sentra tanaman sayuran di Kabupaten Tegal dan Brebes, kandungan logam berat timbal Pb dan kadmium Cd dalam tanaman bawang merah masing-masing berkisar antara 0,71 ppm dan 0,34 ppm.

Bahemuka, T. Beberapa gejala keracunan tembaga adalah sakit perut, mual, muntah, diare dan beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kematian Darmono, dalam Ayu, August Heavy metals in soil, vegetables and fruits in the endemic upper gastrointestinal cancer region of Turkey.

Heavy metal contamination of soil and vegetables in subsurban areas of Varanasi, India. Keracunan arsen secara akut biasanya terjadi apabila dosis arsen yang memasuki tubuh dalam jumlah besar dosis sekitar mgsehingga gejala keracunannya akan muncul segera setelah terpapar arsen.

Tuncer and I. Faktor yang menyebabkan tingginya kontaminasi logam berat di lingkungan adalah perilaku manusia yang menciptakan teknologi tanpa menimbang terlebih dahulu efek yang akan ditimbulkan bagi lingkungan di kemudian hari.

Abdulkarim, and H.

BAHAYA KONTAMINASI LOGAM BERAT DALAM SAYURAN DAN ALTERNATIF

Data terakhir pada caisim kandungan timbal Pb bisa mencapai 28,78 ppm. Konsentrasi semua logam berat Cd, Pb dan Ni masih melebihi batasan yang diperbolehkan standar India pada semua jenis sayuran.

Oleh karena itu, secara jangka panjang, petani penanam sayuran memiliki peran yang sangat dominan dalam mengurangi cemaran logam berat pada sayur-sayuran yang ditanamnya.(), logam-logam berat tersebut bila masuk ke dalam tubuh lewat makanan akan terakumulasi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kelumpuhan, dan kematian dini serta penurunan tingkat kecerdasan anak-anak.

Sumber kontaminasi logam berat ada dua, yaitu lewat pencemaran udara dan dari bahan makanan. Pencemaran lewat. Akumulasi logam dalam tanaman tidak hanya tergantung pada kandungan logam dalam tanah, tetapi juga tergantung pada unsur kimia tanah, jenis logam, pH tanah dan spesies tanaman yang sensitif terhadap logam berat tertentu (Darmono, ).

Logam berat masuk ke lingkungan tanah melalui penggunaan bahan kimia yang langsung mengenai tanah, penimbunan debu, hujan atau Author: Hendra_Tolen.

dalam tubuh manusia (N aria, ). Menurut Astawan (20 05), logam-logam berat tersebut bila masuk ke dalam tubuh lewat makanan akan terakumulasi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kelumpuhan, dan kematian dini serta penurunan tingkat kecerdasan anak-anak.

Sungai Brantas yang ada di kota Kediri ternyata juga tidak. Menurut Astawan (), logam-logam berat tersebut bila masuk ke dalam tubuh lewat makanan akan terakumulasi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kelumpuhan, dan kematian dini serta penurunan tingkat kecerdasan anak-anak.

Menurut Astawan (), logam-logam berat tersebut bila masuk ke dalam tubuh lewat makanan akan terakumulasi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf, kelumpuhan, dan kematian dini serta penurunan tingkat kecerdasan anak-anak.

Sumber kontaminasi logam berat ada dua, yaitu lewat pencemaran udara dan dari bahan makanan.

. Total Pageviews. Test. swEDFwAuthor: Luqman Hakim.

Astawan 2005 logam berat bila masuk ke dalam tubuh
Rated 5/5 based on 21 review